Saturday, March 16, 2019

PANNING SHOOT

Panning adalah salah satu teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan pada benda yang bergerak. Cara melakukan panning adalah dengan menggerakkan kamera searah dengan arah gerakan objek yang ingin diambil sehingga objek akan menampakkan fokus, sementara background akan nampak kabur blur. Ini adalah dinamakan “teknik”, cara melakukan panning dapat dilakukan mudah. Teknik Panning sering digunakan untuk pengambilan gambar sukan atau gambar berita.

Bagaimana Membuat Foto Panning

Canya adalah, ketika objek yang diambil nampak kurang tajam naikkan shutter speednya. Saat background kurang blur, turunkan shutter speednya.
Berikut beberapa contoh shutter speed yang biasa digunakan, namun semuanya bergantung kepada kesuaian dengan keadaan di lokasi:
  • Orang joging/ lari pecu biasa di jalan raya atau stadium: 1/20 
  • Larian gunung uphill/downhill: 1/30 sampai 1/50 
  • Kenderaan Bermotor: sekitar 1/50 
  • Balapan  : 1/100 sampai 1/200 

Cara Fokus untuk Foto Panning

Saat teknik panning, kita boleh menggunakan autofokus ataupun manual fokus. Namun bagi beginner  lebih mudahnya dapat aturan Auto Focus mode ke AF-C (Nikon) atau AI Servo (Canon). Mode ini digunakan pada saat kita harus mengikuti subjek foto yang terus berpindah posisi.

Menggerakkan Lensa dan Kamera

Kita harus memastikan memiliki cukup ruangan agar kamera dan lens bisa mengikuti arah gerakan subjek tanpa ada benda (atau orang) yang menghalangi didepan kita.
Agar subjek tetap terlihat tajam, gerakan lensa harus tenang dan stabil dan arahnya hanya pada  horizontal: dari kanan ke kiri atau sebaliknya tanpa diikuti naik/turun.
Pilih objek yang bergerak dan memiliki background yang cerah dan memiliki warna-warna yang menarik, banyak butiran dan memungkinkan fokus terarah pada subjek untuk mendapatkan gambar panning yang memiliki background yang menarik. 
Arahkan kamera mengikuti objek yang bergerak dan tekan separuh tombol pada shutter release untuk mengambil fokus. Usahakan tangan bergerak selembut mungkin, gerakan laju yang mendadak boleh mengakibatkan hasil foto tidak menarik.
Semakin lembut dan tenang cara kita mengikuti pergerakan dan jsubjek utama, makin tajam mereka terlihat di gambar. Kita juga boleh memanfaatkan monopod untuk panning.

Contoh Gambar Diambil Menggunakan Teknik Panning






No comments: